March 3, 2017

Cara Menyenangkan Membaca dan Belajar Bahasa Inggris

Apa itu Reading? Reading atau membaca bahasa Inggris bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan dalam belajar bahasa Inggris. Sekalipun kesannya mudah, tapi tetap perlu cara tertentu agar kegiatan reading ini bisa berlangsung efektif. Terlebih misalnya kalau yang kita baca itu adalah novel bahasa Inggris yang isinya ratusan halaman.



Mungkin awal-awal kita semangat membacanya, tapi setelah beberapa halaman kita pun jadi malas. Lalu apa solusi agar aktivitas membaca buku bahasa Inggris ini tetap terasa menyenangkan?

  1. Pilih buku yang tepat


    Agar kamu betah membaca buku dalam bahasa Inggris, pemilihan buku yang tepat sangatlah penting. Jika kamu memilih buku yang tidak sesuai dengan minatmu, akibatnya kamu pun menjadi gampang bosan. Pilih buku berbahasa Inggris yang sesuai minat/hobimu dan sesuai dengan tingkatanmu. Misalnya selama ini kamu suka banget nonton film Harry Potter, coba baca buku Harry potter yang berbahasa Inggris. Ini akan membantumu agar terus membaca buku itu hingga selesai. Demikian juga kalau kamu misalnya senang dengan tokoh tertentu. Misalnya kamu kagum dengan sosok Winston Churchill. Carilah buku yang mengupas biografi Winston Churchill dalam bahasa Inggris.
  2. Baca buku seperti biasa


    Maksudnya kamu harus membacanya seperti kalau kamu baca buku dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, kamu tidak perlu paham arti setiap kata. Tapi kamu harus paham bagaimana maksud atau jalannya cerita tersebut. Jadi sekalipun ada beberapa kata yang tidak kamu tahu apa artinya, kamu tetap bisa memahami keseluruhan jalan ceritanya. 
  3. Baca terus dan tidak berhenti


    Misalnya ada kata atau frasa yng tidak kamu pahami apa artinya, sebaiknya kamu teruskan membaca hingga akhir kalimat atau akhir paragraf. Coba pahami juga dengan kalimat sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa paham apa maksudnya berdasarkan konteks kalimat tersebut.
  4. Baca untuk kesenangan


    Kegiatan reading bahasa Inggris ini seyogyanya menjadi hal yang menyenangkan. Seperti halnya kalau kamu baca buku bahasa Indonesia. Jadi meski ada kata-kata atau vocabulary baru yang tidak kamu ketahui apa maknanya, biarkan saja. Yang penting kamu paham apa maksud keseluruhannya. Jangan sampai karena terlalu sering buka kamus bahasa Inggris itu membuat aktivitas readingmu ini menjadi terganggu.
  5. Bekali dengan pensil


    Kalau misalnya ada kata-kata yang kamu anggap penting dan tidak ketahui artinya, kamu bisa beri tanda dengan mencoret di bagian bawah kata tersebut dengan pensil. Tapi kamu tidak perlu berhenti membacanya. Baru setelah di akhir halaman atau bab, kamu boleh buka kamus untuk memeriksa apa arti kata tersebut.
  6. Baca tidak dalam sekali duduk


    Untuk buku-buku bahasa Inggris yang tebal misalnya berbentuk novel, memang kita tidak bisa menyelesaikannya dalam sekali duduk. Yang penting kita harus tetap termotivasi untuk menyelesaikannya. Jadi cicil baca rutin tiap hari.
  7. Baca dengan cara skimming atau scanning


    Jika kamu ingin membacaa buku bahasa Inggris dengan cepat, bisa gunakan teknik skimming atau scanning. Teknik baca skimming itu adalah cara baca yang bertujuan menemukan apa informasi dalam sebuah teks. Cara baca ini bisa loncat-loncat. Sedang untuk teknik baca scanning adalah cara baca cepat dengan cara men-scan keseluruhan teks. Jadi pada teknik baca ini kamu tidak membacanya per kata. Membaca atau reading English itu memang skill yang penting. Sebab dengan itu kamu bisa belajar banyak hal. 
Dengan reading itu juga menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Yuk mulai sekarang biasakan untuk membaca buku berbahasa Inggris.
Share:

1 comment:

  1. Duh jadi kangen mau belajar inggris lagi biar makin eksis hehe

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan bermanfaat bagi semua orang, jika kamu mau menempatkan link url pastikan berikan informasi yang bermanfaat pula