July 30, 2010

List Perusahaan dan Produk Yahudi Yang Wajib Kita Boikot



Setelah muter2 di dunia maya…
Akhirnya saya menemukan list daftar produk2 dan perusahaan yang dikelola/ada campur tangan yahudi group yang mesti kita boikot bersama-sama.
Namun apabila tidak mampu semuanya kita boikot ya.. yang bisa aja yang diboikot
Kita membantu saudara2 kita di palestina yg sedang dibantai oleh yahudi laknatullah dengan cara memboikot produk2 di bawah ini atau menyumbang sebagian rizki kita.
Tolong sebarluaskan info ini ya!!
  1. A and W Root Beer
  2. Always
  3. Ambipur
  4. AOL
  5. Aoste
  6. Apex
  7. Aqua Velva
  8. Aramis
  9. Ariel
  10. Arsenal (football club)
  11. AT&T
  12. Avon
  13. Bali
  14. Ball Park
  15. Banana Republic
  16. Barbie
  17. Bath and Body Works
  18. Ben and Jerry’s Ice Cream
  19. Berlitz
  20. Body Mist
  21. Biotherm
  22. Bryan
  23. Bryllcreem
  24. Burger King
  25. Calvin Klein
  26. Camay
  27. Carrefour
  28. Caterpillar
  29. Champion
  30. Chevrolet
  31. Chicco
  32. Citibank
  33. Clinique
  34. CNN
  35. Coca-Cola
  36. Colgate
  37. Daily Telegraph
  38. Danone
  39. Desert Eagle
  40. Dim
  41. Disney
  42. DKNY
  43. Domino’s Pizza
  44. Donna Karan
  45. Dove
  46. Estee Lauder
  47. Expo
  48. Express
  49. Fanta
  50. Ford
  51. Fox News
  52. Fox Television Corporation
  53. Fruitopia
  54. Garnier
  55. General Electric
  56. Giorgio Armani
  57. Gossard
  58. Haagen Dasz
  59. Hanes
  60. Harper Collins
  61. Head and Shoulders
  62. Heinz
  63. Helena Rubenstein
  64. Hema
  65. Henri Bendel
  66. Hillshire Farm
  67. Hilton
  68. Holiday Inn
  69. Home Depot
  70. Huggies
  71. Hugo Boss
  72. IBM
  73. ICQ
  74. Intel
  75. Intimate
  76. J.C. Penny’s
  77. Jimmy Dean
  78. Jo Malone
  79. Johnson and Johnson
  80. Just My Size
  81. KFC
  82. Kellogg’s
  83. Kia Ora
  84. Kimberly Clark
  85. Kinder
  86. Kleenex
  87. Kodak
  88. Kotex
  89. Kraft
  90. L’eggs
  91. L’oreal
  92. La Roche Posay
  93. Laboratoires
  94. Lancôme
  95. Land Rover
  96. Lay’s
  97. Lerner New York
  98. Levi’s Jeans
  99. Libby’s
  100. Lilt
  101. Lindex
  102. Lovable
  103. MACH
  104. Maggi
  105. Maison de Café
  106. Marks and Spencer
  107. Marlboro
  108. Marriot
  109. Mars candy corp.
  110. MAST Industries Inc.
  111. Maybelline
  112. Mc Donald’s
  113. Mobil Gas Station
  114. Motorola
  115. National Geographic
  116. Nestle
  117. New York and Co.
  118. New York Post
  119. Nike
  120. Nivea
  121. Nokia
  122. Nur Die
  123. Nursery World
  124. Origins
  125. Outerbanks
  126. Overseas Adventure
  127. Palmolive
  128. Pantene
  129. Pepsi
  130. Perrier
  131. Pickwick Yacht Brothers
  132. Pilao
  133. Pizza Hut
  134. Planet
  135. Playtex
  136. PowerAde
  137. Prescriptives
  138. Pringles
  139. Pryca
  140. Radisson
  141. Radox
  142. Ralph Lauren
  143. Redken
  144. Revlon
  145. River Island
  146. Sanex
  147. Sara Lee
  148. Schweppes
  149. Selfridges and Co.
  150. Sky News
  151. Sprite
  152. Star (Magazine)
  153. Starbucks
  154. Structure
  155. Subway
  156. Sunkist
  157. Superior Café
  158. Taco Bell
  159. Tandem
  160. Tchibo
  161. Texas Instruments
  162. The Limited
  163. The Sun
  164. The Times
  165. The White Barn Candle Co.
  166. Tide
  167. Timberland
  168. Time
  169. Tommy Hilfiger
  170. Toys R Us
  171. Travel
  172. Victoria’s Secret
  173. Villager’s Hardware
  174. Weekly Standard
  175. Wonderbra
Share:

List Perusahaan “Penyumbang” Yahudi

Daftar Industri Raksasa Pembunuh Palestina


image002 

Kita mungkin terkejut ketika mengetahui ternyata uang yang kita belanjakan selama ini sebagian besarnya untuk membantai bangsa Palestina ( plus Irak,Lebanon, Afghanistan ).
Barang-barang yang kita konsumsi sehari-hari mulai dari susu, penyedap rasa, telepon genggam(HP), kosmetik bayi, pakaian dan masih banyak lagi, punya andil untuk menjadikan kita sebagai seorang pembunuh berdarah dingin secara tidak langsung.

Itulah yang terjadi sekarang. Produsen barang-barang tersebut sangat loyal kepada pemerintahan Israel yang sekarang membunuh rakyat Palestina yang tidak berdosa setiap harinya. Bahkan, tak sedikit dari perusahaan itu secara terang-terangan mendukung penjajahan Israel atas bangsa Palestina.

Berikut ini beberapa perusahaan-perusahaan tersebut :

image001 

America OnLine Time Warner (AOL Time Warner).
Perusahaan komunikasi terbesar yang menguasai Amerika.
Hampir seluruh sahamnya dimiliki oleh orang-orang Yahudi. Sebagian produk perusahaan ini adalah Majalah Time-Live, Kantor Berita CNN. 30 persen keuntungan investasi raksasanya digunakan untuk kepentingan Israel. Tahun 1998, mendapat penghargaan JUBILEE AWARD-penghargaan tertinggi pemerintahan Israel yang diberikan kepada person atau lembaga- sebagai rasa terima kasih atas bantuan dan pertisipasi untuk kepentingan Zionisme Internasional.

APAX Partners & CO Ltd
Perusahaan ini bergerak hampir di berbagai lahan bisnis. Misalnya, Kemanan, Travel, Supermarket, Sponsor dan penyelenggara Grand Prix. Beroperasi di Amerika Serikat dan Inggris. Telah menginvestasikan 100 juta Dollar di Israel tahun 2000. Berencana untuk meningkatkan volume investasinya menjadi 600 juta Dollar untuk tiga tahun berikutnya. Mantan PM Netanyahu pernah memberikan penghargaan JUBILEE AWARD atas jasa-jasanya membantu Israel.

Coca Cola Company.
Terhitung sebagai perusahaan raksasa dunia. 30 tahun lamanya mendukung Israel secara terang-terangan. Bahkan, membuat iklan yang menyakitkan hati ummat Islam. Dengan menampilkan Qubbatus Sakhra (Rock Dome) dalam iklannya. Coca cola mempunyai 200 lebih produk minuman. Namun hanya tiga yang terkenal, Coca Cola, Sprite, Fanta. Perusahaan ini sangat eksis di negara-negara Arab bahkan hampir di seluruh dunia karena didukung oleh konglomerat bahkan pemerintah setempat.


image003 

DANONE
 Salah satu produsen susu, permen, biskuit, wafer dan bahan makanan. Mempunyai badan Riset dan Pengembangan di Israel. Loyalitasnya penuh untuk kepentingan Israel. Salah satu produknya di Indonesia adalah air mineral dengan merk AQUA. Mendapat penghargaan JUBILEE AWARD dari Israel tahun 1998.

DELTA GALIL
http://www.inminds.com/boycott-delta-galil.html
Termasuk salah satu produsen garmen Israel yang membantu Israel untuk mengusir bangsa Palestina dari negrinya sendiri. 25% sahamnya dimiliki oleh perusahaan Sara Lee (perusahaan pakaian jadi, makanan kaleng. Lihat keterangan di bawah) Mantan PM Israel Ehud Barak punya hubungan kekerabatan dengan ‘bos’ perusahaan ini. Diantara merk-merk produknya adalah Calvin Klein, Ralph Lauren, Hugo Boss, Donna Karan, DIM. Mempunyai jaringan garmen di Eropa. MARKS & SPENCER di Inggris, HEMA di Belanda, Carrefour dan Auchan di Perancis, LINDEKS di Swiss dan Tchibo di Jerman.

Walt Disney
Walaupun terdapat saham Amir Saudi Waleed bin Thalal di Walt Disney, namun perusahaan yang bergerak di bidang hiburan, film dan animasi ini murni mendukung Israel. Disney selalu berusaha untuk memburukkan citra Arab dan ummat Islam dalam produk-produknya. Ironisnya, 100 juta dollar hasil produksinya dibeli oleh TV Arab dan Timur Tengah serta 200.000 wisatawan Arab berkunjung ke Disney Land. Salah satu usahanya yang menonjol untuk mengubah sejarah ummat Islam dengan membuat pameran ‘Milenium’ dengan maksud untuk mempopulerkan alQuds sebagai ibukota ‘Abadi’ bagi Israel.

ESTEE LAUDER
Bos perusahaan ini Ronald Lauder merupakan bisnismen yang paling fanatik dengan
keyahudiannya. Ia mengepalai beberapa lembaga fundamentalis Yahudi diantaranya Jewish National Fund. Produsen minyak wangi dan kosmetika ini mempunyai merk-merk terkenal seperti Aramis, Clinique, Dikny, Prescriptives, Origins, Mac Cosmetics, La Mer, Bobby Brown, Tommy Hilfiger, Jan, Donna Karan, Eifida, Stella Cosmetics, Jo Malone, Bombel & Bombel (Bb), Kat Spad.

IBM Company
Merupakan perusahaan komputer terbesar di Amerika dan dunia. Di Mesir, produk ini jarang dipakai karena harganya terlalu tinggi untuk level pribadi. IBM mempunyai investasi yang cukup besar di Israel. Bahkan mereka mendirikan badan Riset
(R&D) dan mempekerjakan sekitar 2000 orang Yahudi di perusahaannya. Dalam pernyataannya di Jerusalem Post, Lawrence Ribkyrdi -vice president IBM-
mengatakan bahwa tanah ini (tanah Palestina yang dijajah Israel), dan ideologi yang di anut (Zionisme) mempunyai arti yang sangat penting bagi IBM. Perusahaan ini juga telah menerima penghargaan berkali-kali dan salah satunya di masa pemerintahan Ariel Sharon.

Jhonson & Jhonson
Begitu pedih ketika kita mengetahui bahwa perusahaan yang memproduksi bahan-bahan kosmetika untuk anak-anak (bahkan ibu-ibu), pembasmi nyamuk, dan produk lainnya ini ternyata sangat mendukung penjajahan Israel.
Produk-produk ini membanjiri rumah kita walaupun dengan harga yang lebih mahal ketimbang produk lainnya. Jhonson & Jhonson telah membeli Pabrik Pusains di Haifa seharga 400 juta Dollar pada September 1997. Pada masa Netanyahu, perusahaan ini mendapat penghargaan JUBILEE AWARD.

Kimberly-Clark
Produsen Tissu, pembalut wanita dan produk-produk perawatan diri wanita ini mempunyai investasi 14 juta dollar lebih. Produksinya banyak dipakai dinegara-negara Arab. Mempunyai merk-merk terkenal seperti tissu Kleenex, pembalut wanita KOTEX, Hugess, Andreeksi. Nilai investasinya di Israel mencapai 50 juta dollar. Pada masa Netanyahu, perusahaan ini menerima JUBILEE AWARD yang langsung diterima oleh President Direkturnya, Robert B Van Der Meero.

image004 

LEWIS TRUST
Kepala perusahaan ini-seorang Yahudi ekstrem-David Lewis merupakan salah seorang investor terbesar di bidang pariwisata dan perhotelan di Palestina. Perusahaannya-dengan mengumpulkan dana-mempunyai peranan penting terhadap meluasnya pendudukan Israel atas tanah bangsa Palestina. Diantara hotel-hotelnya Isrotel di Palestina, Eprotel di Spanyol dan Portugal. Juga beberapa savana di Inggris serta mempunyai merk pakaian River Island. David Lewis juga anggota pendiri Yayasan Inggris-Israel.

LOREAL
Perusahaan yang berproduksi alat-alat kecantikan wanita ini mempunyai sikap yang mendua. Ketika Liga Arab mempropagandakan embargo terhadap produk Israel, LOREAL termasuk yang akan menghentikan produksinya di Israel. Namun, akibat keputusannya ini LOREAL didenda 1,4 juta Dolar Amerika. Akhirnya bukan malah menyetop produksinya, justru malah menambah angka produksi. Sekarang ini LOREAL menjadikan Israel sebagai pusat produksinya. Bahkan sahamnya sebanyak 35 % dijual kepada perusahaan Interbeauty seharga 9 juta dolar. Hasil-hasil produksinya menjadi merk terkenal. Misalnya GIORGIO ARMANI, REDKEN AVENUE, VICHY laboratoires, La Roche Posay, Ralph Lauren, MAYBELLINE, BIOTHERM, Helen Rubinstein, Garnier.

MARKS & SPENCER
Perusahaan yang mempunyai jaringan butik di Inggris merupakan pendukung utama Israel dalam setiap aksinya. Tak ada perusahaan yang punya dukungan sebesar Marks & Spencer. Hal ini dituturkan sendiri oleh Lord Marcus Seif. Salah satu tujuan perusahaan ini didirikan adalah sebagai penopang pertumbuhan ekonomi bagi Israel. Sejarah berdirinya perusahaan ini memang penuh warna Yahudi. Bahkan jauh sebelum negara Yahudi diproklamirkan. Berdiri tahun 1884 oleh Michael Marks seorang Yahudi Rusia. Sejak berdiri, perusahaan ini melaju pesat dan dipimpin oleh tokoh-tokoh zionis. Selain mengumpulkan dana untuk membantu migrasi Yahudi ke bumi Palestina, mereka juga mendukung penuh Inggris-sebagai Negara adidaya waktu itu-dalam perpolitikan untuk maslahat Israel. Mendapat penghargaan berkali-kali dari pemerintahan Israel. Salah satunya JUBILEE AWARD.

NESTLE
Sungguh mengejutkan hati, tatkala perusahaan yang berpusat di SWISS dan memproduksi bahan-bahan makanan menjadi salah satu perusahaan yang sangat membantu Yahudi dalam setiap aksinya. Perusahaan raksasa yang mempunyai cabang hampir di seluruh negara di dunia ini mempunyai tak kurang dari 17 laboratorium riset dan pengembangan (R&D). Diantara laboratorium yang terpenting ada di Israel. Operasinya khusus untuk mengembangkan makanan yang sesuai dengan Syari’at Yahudi. Sebanyak 50 % sahamnya dipegang oleh orang-orang Yahudi. Yang terbesar adalah “OSEM” memproduksi makanan. Pada masa Netanyahu, NESTLE dianugrahi

JUBILEE AWARD.
Cukup banyak produk-produk NESTLE. Diantaranya, susu NIDO, NESCAFE, VITTEL (merk dagang perusahaan air mineral, diantaranya adalah BARAKA), Pure Live, Susu Carnation, Lypies,Milk Maid, minuman coklat Nesquik, penyedap rasa MAGGI, Cross &
Balckwell, coklat KITKAT, Milk Bar, Quality Street, Lion, Polo, makanan kucing Felix. Yang harus diketahui bahwa produk-produk NESTLE mempunyai nama dan merk sesuai dengan negara setempat.

News Corporation
Imperium produsen ‘kabar berita’ dan film yang beroperasi di AS dan dunia. Kaisarnya adalah seorang Yahudi Robert Murdoch. Investasinya diperkirakan mencapai 42 milyar dolar Amerika dengan income pertahun 14 milyar. Berupaya untuk selalu mempropagandakan ideology Yahudi dengan teknologi yang dimiliki. Banyak perusahaan-perusahaan Arab yang membeli film-film produk New Corporation ini. Juga, tak sedikit pula yang menjalin kerjasama bisnis dengannya. Khusus di tanah pendudukan, News Corporation membuka lapangan kerja bagi para pemuda Yahudi. Begitu juga diseluruh cabang-cabangnya. Memiliki perusahaan film 20th CENTURY FOX, Tv FOX, FOX for Kids, SKY TV, StarTV, National Geographic Channel, koran Weekly Standard, News World, The Sun, Times, Sunday Times, Time Educational, Daily Telegraph, Herald Sun, Independent, News Photos, Sunday Herald, Sunday Meil, New York Post, dan sebagainya. Juga buku-buku serta jurnal khusus. Dari data diatas, cukuplah bagi Murdoch News Corporation untuk menutupi data dan fakta serta memplintir semua yang terjadi di Israel.

Perusahaan HP NOKIA.
Percaya atau tidak bahwa ternyata perusahaan komunikasi yang berpusat di Finlandia ini tak lain hanya salah satu media untuk melanggengkan penjajahan Israel. Investasi NOKIA di Israel mencapai 500 juta dolar AS. Juga memfasilitasi pembangunan pangkalan teknologi mutakhir yang dikontrol sepenuhnya oleh Israel. Hal ini diungkapkan secara jelas oleh pimpinannya, Lars Wolf. Bahkan Wolf menambahkan, seluruh aset komunikasi mutakhir digunakan untuk membantu Israel menjadi negara termaju dibidang komunikasi.

image005 

REVLON
Produsen kosmetika, hiburan dan seni. Seluruh produk kosmetiknya membawa merk dagang REVLON. Pemiliknya adalah seorang Yahudi fundamentalis-ekstrem, Milyarder Ronald Phrilman. Seorang yang sangat antusias mempropagandakan Holocaust seantero dunia. Selain memiliki perusahaan kosmetik REVLON, juga mengepalai New
World Corporation di bidang hiburan dan perusahaan FORES. Tentu saja keuntungan yang didapat digunakan untuk kepentingan Yahudi.

SARA LEE
Memproduksi pakaian jadi, makanan kaleng serta kosmetik perawatan diri. Memiliki 25 % saham perusahaan DELTA GALIL ( keterangan diatas). Mendapat Penghargaan JUBILEE AWARD.

Silvryditch
Bergerak di bidang produksi alat kecantikan, minuman keras, roti dan biskuit serta bahan-bahan makanan. Keuntungan perusahaan ini sebagian besarnya didermakan untuk membantu Israel mengusir rakyat Palestina dari tanahnya sendiri.

The Limited
Salah satu perusahaan yang terang-terangan membantu Israel dengan segenap kemampuannya. Berdiri tahun 1963 di Ohio. Memiliki sekitar 2700 trade center ditambah 5 mall dengan menggunakan nama berbeda. Misalnya Express sekitar 668 tempat. The limited 389 tempat. Learner New York 560 tempat. Structure 369 tempat. New York and Company 79 tempat plus tempat-tempat lain.
‘Bos’ perusahaan ini adalah seorang Zionis Extrem, Lesley Wykanser. Anggota dewan pengurus sekte “Eimet” yang terdiri dari bisnismen dan politikus Yahudi. Dari lembaga inilah muncul kamar perang Informasi dengan tujuan membentuk opini Amerika dan Internasional untuk mendukung Israel dan memusuhi Arab dan Umat Islam secara kontinyu. Para tokoh Eimet ini diantaranya adalah Leonard Eibrimson-investor dibidang kesehatan (salah seorang ketua). Termasuk dalam dewan pengurusnya adalah Berny Markos, pendiri perusahaan Home Depot-, Lesley Wykanser-bos The Limited-, Edgar Brownfman-pemilik perusahaan Cygram-, Lo Dunberry, pialang di pasar uang Amerika Wall Street dan pemilik saham salah satu bank terbesar di Israel. Tokoh penting lainnya adalah Jean Kirk Patrick, mantan Duta Besar AS untuk PBB.

Home Depot
Perusahaan kedua terbesar di bidang bisnis. Keuntungan penjualannya pertahun mencapai 45 milyar dolar AS. Mengelola sekitar 1029 outlet di Amerika, 67 di Kanada, 7 di Amerika Latin plus mengelola 26 markas untuk menyelenggarakan pameran serta bekerja sama dengan 227 ribu orang. Mempunyai merk dagang EXPO (penyelenggara pameran), Villadger hardware, Giorgio light. Pemiliknya adalah Berny Markos salah saorang pengelola kamar perang informasi.

Intel
Perusahaan raksasa AS yang bergerak di bidang informasi dengan produknya yang terkenal Intel Pentium. Untuk memboikotnya termasuk yang paling sulit karena hampir semua hardware komputer bagian dari produknya. Intel merupakan lembaga teknologi Amerika yang mendukung penjajahan Israel atas bangsa Palestina secara terang-terangan. Tahun 1974, Intel membangun Labor Riset dan Pengembangan pertama diluar Amerika yaitu di Haifa. Sejak tahun itu Intel terus membantu pengembangan teknologi Israel baik secara komunikasi maupun militernya.
Intel juga membangun pabriknya di tengah pemukiman Keryat Gat (nama sebelumnya ialah el Mansyiat el Iraq) dengan mengusir 2000 orang Palestina yang menghuni 300 rumah. Juga menghancurkan 2 mesjid dan sebuah sekolah. Dengan kapasitas 4000 orang Yahudi, maka Intel menjadikan tempat ini sebagai lokasi terpenting untuk mengekspor teknologinya dengan omset 3 juta dolar perharinya. Untuk diketahui, Pentium 4 merupakan hasil produksi pabrik ini.
Selain itu juga Intel mempunyai R&D di wilayah Al Quds. Total omset Intel di Palestina sesuai dengan statistik tahun2001 mencapai 2 milyar dolar. Ironis memang, hampir semua perusahaan ini mempunyai pasar di negara-negara Arab dan Islam. Padahal semua produk dan keuntungannya semata-mata untuk memusuhi bahkan membantai bangsa Arab dan ummat Islam. Allahumma farrij anna alkarb wa ‘anil
Share:

July 28, 2010

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH

Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31

Ada satu fenomena yang umum disaksikan pada kalangan jamaah haji Indonesia dan juga
negara lainnya. Saat berada di kota suci Mekkah, banyak yang berbondong-bondong menuju
tanah yang halal, yaitu al hillu, Masjid ‘Aisyah di Tan’im atau Ji’ranah.
Tujuannya untukmelaksanakan umrah lagi. Umrah yang mereka kerjakan bisa lebih dari sekali dalam satu hari.
Dalih mereka, mumpung sedang berada di Mekkah, sepantasnya memperbanyak ibadah umrah, yang belum tentu bisa dikerjakan lagi sesudah sampai di tanah air. Atau dengan kata
lain, untuk memperbanyak pahala. Saking berlebihannya, Syaikh Muhammad bin Shalih al
'Utsaimin penuh keheranan pernah menyaksikan seorang laki-laki yang sedang mengerjakan
sa'i dengan rambut tersisa separo saja (sisi yang lain gundul). Syaikh 'Utsaimin pun bertanya
kepadanya, dan laki-laki tersebut menjawab : “Bagian yang tak berambut ini telah dipotong
untuk umrah kemarin. Sedangkan rambut yang tersisa untuk umrah hari ini”. [1]

SELAIN IKHLAS, IBADAH MEMBUTUHKAN MUTABA’AH
Suatu ibadah agar diterima oleh Allah, harus terpenuhi oleh dua syarat. Yaitu ikhlas dan juga
harus dibarengi dengan mutaba’ah. Sehingga tidak cukup hanya mengandalkan ikhlas semata,
tetapi juga harus mengikuti petunjuk Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Disamping itu juga
dengan mengetahui praktek dan pemahaman generasi Salaf dalam menjalakan ibadah haji
yang pernah dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.
Sebab, generasi Salaf merupakan generasi terbaik, yang paling semangat dalam meraih kebaikan.
Umrah termasuk dalam kategori ini. Sebagai ibadah yang disyariatkan, maka harus
bersesuaian dengan rambu-rambu syari'at dan nash-nashnya, petunjuk Nabi dan para sahabat,
serta para pengikut mereka yang ihsan sampai hari Kiamat. Dan ittiba’ ini merupakan salah
satu tonggak diterimanya amalan di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sebagai ibadah yang sudah jelas tuntunannya, pelaksanan umrah tidak lagi memerlukan ijtihad
padanya. Tidak boleh mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah umrah dengan ketentuan
yang tidak pernah digariskan. Kalau tidak mengikuti petunjuk syariat, berarti ibadah yang
dilakukan menunjukkan sikap i’tida` (melampaui batas) terhadap hak Allah, dalam aspek
penetapan hukum syariat, serta merupakan penentangan terhadap ketentuan Allah dalam
hukumNya.
Allah berfirman : "Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah
yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada
ketetapan yang menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya
orang-orang yang zhalim itu akan memperoleh azab yang amat pedih" [Asy Syura /42: 21][2]
JUMLAH UMRAH RASULULLAH SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

Sepanjang hidupnya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan umrah sebanyak 4
kali.

ِ‫عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ اعْتَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْه‬
ْ‫وَسَلَّمَ أَرْبَعَ عُمَرٍ عُمْرَةَ الْحُدَيْبِيَةِ وَعُمْرَةَ الْقَضَاءِ مِن‬
َ‫قَابِلٍ وَالثَّالِثَةَ مِنْ الْجِعْرَانَةِ وَالرَّابِعَةَ الَّتِي مَع‬
ِ‫حَجَّتِه‬

Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata : "Rasulullah mengerjakan umrah sebanyak empat kali. (Yaitu)
umrah Hudaibiyah, umrah Qadha`, umrah ketiga dari Ji'ranah, dan keempat (umrah) yang
1/9

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH
Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31 bersamaan dengan pelaksanaan haji beliau".[3]

Menurut Ibnul Qayyim, dalam masalah ini tidak ada perbedaan pendapat [4]. Setiap umrah
tersebut, beliau kerjakan dalam sebuah perjalanan tersendiri. Tiga umrah secara tersendiri,
tanpa disertai haji. Dan sekali bersamaan dengan haji.
Pertama, umrah Hudhaibiyah tahun 6 H. Beliau dan para sahabat yang berbaiat di bawah
syajarah (pohon), mengambil miqat dari Dzul Hulaifah Madinah. Pada perjalanan umrah ini,
kaum Musyrikin menghalangi kaum Muslimin untuk memasuki kota Mekkah. Akhirnya, terjadilah
pernjanjian Hudhaibiyah. Salah satu pointnya, kaum Muslimin harus kembali ke Madinah, tanpa
bisa melaksanakan umrah yang sudah direncanakan.
Kemudian, kaum Muslimin mengerjakan umrah lagi pada tahun berikutnya. Dikenal dengan
umrah Qadhiyyah atau Qadha`[5] tahun 7 H. Selama tiga hari beliau n berada di Mekkah. Dan
ketiga, umrah Ji’ranah pada tahun 8 H. Yang terakhir, saat beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam
mengerjakan haji Wada’. Semua umrah yang beliau kerjakan terjadi pada bulan Dzul
Qa`dah.[6]

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI
Para ulama memandang, melakukan umrah berulang kali sebagai perbuatan yang makruh.
Masalah ini telah dijelaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Fatawanya. Keterangan
beliau tersebut dikutip oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam Syarhul Mumti’. [7]
Berikut ini beberapa aspek yang menjelaskan bahwa umrah berulang-ulang seperti yang
dikerjakan oleh sebagian jamaah haji –sebagaimana fenomena di atas- tidak disyariatkan.

Pertama : Pelaksanaan empat umrah yang dikerjakan Rasulullah, masing-masing dikerjakan
dengan perjalanan (safar) tersendiri. Bukan satu perjalanan untuk sekian banyak umrah, seperti
yang dilakukan oleh jamaah haji sekarang ini. Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin
menyimpulkan, setiap umrah mempunyai waktu safar tersendiri. Artinya, satu perjalanan hanya
untuk satu umrah saja [8]. Sedangkan perjalanan menuju Tan’im belum bisa dianggap safar.
Sebab masih berada dalam lingkup kota Mekkah.

Kedua : Para sahabat yang menyertai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haji
Wada’, tidak ada riwayat yang menerangkan salah seorang dari mereka yang beranjak keluar
menuju tanah yang halal untuk tujuan umrah, baik sebelum atau setelah pelaksanaan haji. Juga
tidak pergi ke Tan’im, Hudhaibiyah atau Ji’ranah untuk tujuan umrah. Begitu pula, orang-orang
yang tinggal di Mekkah, tidak ada yang keluar menuju tanah halal untuk tujuan umrah. Ini
sebuah perkara yang disepakati dan dimaklumi oleh semua ulama yang mengerti sunnah dan
syariat Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.[9]

Ketiga : Umrah beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam yang dimulai dari Ji’ranah tidak bisa
dijadikan dalil untuk membolehkan umrah berulang-ulang. Sebab, pada awalnya beliau
Shallallahu 'alaihi wa sallam memasuki kota Mekkah untuk menaklukannya dalam keadaan
halal (bukan muhrim) pada tahun 8 H. Selama tujuhbelas hari beliau berada di sana. Kemudian
sampai kepada beliau berita, kalau suku Hawazin bermaksud memerangi beliau. Akhirnya
beliau mendatangi dan memerangi mereka. Ghanimah dibagi di daerah Ji’ranah. Setelah itu,
2/9

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH
Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31

beliau ingin mengerjakan umrah dari Ji’ranah. Beliau tidak keluar dari Mekkah ke Ji’ranah
secara khusus. Namun, ada perkara lain yang membuat beliau keluar dari Mekkah. Jadi,
semata-mata bukan untuk mengerjakan umrah.[10]

Keempat : Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, juga para sahabat -kecuali ‘Aisyah- tidak pernah
mengerjakan satu umrah pun dari Mekkah, meski setelah Mekkah ditaklukkan. Begitu pula,
tidak ada seorang pun yang keluar dari tanah Haram menuju tanah yang halal untuk
mengerjakan umrah dari sana sebelum Mekkah ditaklukkan dan menjadi Darul Islam. Karena
thawaf di Ka’bah tetap masyru’ sejak Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam diutus. Bahkan sejak
Nabi Ibrahim Alaihissalam. Mengerjakan thawaf tanpa umrah terlebih dahulu, sudah
mengantarkan kepada sebuah ketetapan yang pasti, bahwa perkara yang disyariatkan bagi
penduduk Mekkah (orang yang berada di Mekkah) adalah thawaf. Itulah yang lebih utama bagi
mereka dari pada keluar dari tanah Haram untuk mengerjakan umrah. Sebab, tidak mungkin
Rasulullah dan para sahabat lebih mengutamakan amalan mafdhul/ (yang nilainya kurang)
-dalam hal ini thawaf- dibandingkan amalan yang lebih afdhal (umrah menurut asumsi sebagian
jamaah haji). Padahal Nabi n tidak memerintahkan umat untuk melakukan umrah
berulang-ulang. Ucapan ini tidak mungkin dikatakan oleh seorang muslim.[11]
Ibnul Qayyim berkata,"Tidak ada umrah beliau dalam keadaan beliau keluar dari Mekkah
sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan orang sekarang ini. Seluruh umrah beliau,
dilangsungkan dari luar kota Mekkah menuju Mekkah (tidak keluar dahulu baru masuk kota
Mekkah). Nabi pernah tinggal di Mekkah selama 13 tahun. Namun tidak ada riwayat yang
menjelaskan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam keluar kota Mekkah untuk mengerjakan umrah.
Jadi umrah yang beliau kerjakan dan yang disyariatkan adalah, umrah orang yang memasuki
kota Mekkah (berasal dari luar Mekkah), bukan umrah orang yang berada di dalamnya
(Mekkah), dengan menuju daerah yang halal (di luar batas tanah haram) untuk mengerjakan
umrah dari sana. Tidak ada yang melakukannya di masa beliau, kecuali 'Aisyah semata...[12]

Kelima : Tentang umrah yang dilakukan oleh ‘Aisyah pada haji Wada’ bukanlah berdasarkan
perintah Nabi. Beliau mengizinkannya setelah 'Aisyah memohon dengan sangat.[13]
Kisahnya, pada waktu menunaikan ibadah haji bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam,
'Aisyah mendapatkan haidh, maka Rasulullah memerintahkan saudara ‘Aisyah yang bernama
‘Abdurrahman bin Abu Bakar mengantar ‘Aisyah ke daerah Tan’im, agar ia memulai ihram
untuk umrah disana. Karena 'Aisyah menyangka, bahwa umrah yang dilakukan bersamaan
dengan haji, akan batal, sehingga ia menangis. Kemudian untuk menenangkannya, maka
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengijinkan 'Aisyah melakukan umrah lagi.
Umrah yang dilakukan ‘Aisyah ini sebagai pengkhususan baginya. Sebab, belum didapati satu
pun dalil dari seorang sahabat laki-laki ataupun perempuan yang menerangkan bahwa ia
pernah melakukan umrah usai melaksanakan ibadah haji, dengan memulai ihram dari kawasan
Tan’im, sebagaiamana yang telah dilakukan 'Aisyah Radhiyallahu 'anha. Andaikata para
sahabat mengetahui perbuatan ‘Aisyah tersebut disyariatkan juga buat mereka pasca
menunaikan ibadah haji, niscaya banyak riwayat dari mereka yang menjelaskan hal itu.
3/9

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH
Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31

Ibnul Qayyim mengatakan, (Umrah ‘Aisyah) menjadi dasar tentang umrah dari Mekkah. Tidak
ada dalil bagi orang yang menilainya (umrah berulang-ulang) selainnya. Sesungguhnya Nabi
dan sahabat yang bersama beliau dalam haji (Wada’) tidak ada yang keluar dari Mekkah,
kecuali ‘Aisyah saja. Kemudian orang-orang yang mendukung umrah dari Mekkah, menjadikan
riwayat tersebut sebagai dasar pendapat mereka. Tetapi, kandungan riwayat tersebut tidak ada
yang menunjukkan dukungan terhadap pendapat mereka.[14]
Imam asy Syaukani rahimahullah berkata,"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah
berumrah dengan cara keluar dari daerah Mekkah ke tanah halal, kemudian masuk Mekkah lagi
dengan niat umrah, sebagaimana layaknya yang dilakukan kebanyakan orang sekarang.
Padahal, tak satupun yang sah yang menerangkan ada seorang sahabat melakukan yang
demikian itu”.[15]

Keenam : Kaum Muslimin bersilang pendapat tentang hukum umrah, apakah wajib ataukah
tidak. Para ulama yang memandang umrah itu wajib seperti layaknya haji, mereka tidak
mewajibkannya atas penduduk Mekkah. Imam Ahmad pernah menukil perkataan Ibnu 'Abbas:
“Wahai penduduk Mekkah, tidak ada kewajiban umrah atas kalian. Umrah kalian adalah thawaf
di Ka’bah”.
‘Atha bin Abi Rabah [16] –ulama yang paling menguasai manasik haji dan panutan penduduk
Mekkah– berkata : “Tidak ada manusia ciptaan Allah kecuali wajib atas dirinya haji dan umrah.
Dua kewajiban yang harus dilaksanakan bagi orang yang mampu, kecuali penghuni Mekkah.
Mereka wajib mengerjakan haji, tetapi tidak wajib umrah, karena mereka sudah mengerjakan
thawaf. Dan itu sudah mencukupi”.
Thawus [17] berkata: “Tidak ada kewajiban umrah bagi orang yang berada di Mekkah”.
(Riwayat Ibnu Abi Syaibah).

Berdasarkan beberapa keterangan para ulama Salaf tersebut, menunjukkan bahwa bagi
penduduk Mekkah, mereka tidak menilai sunnah, apalagi sampai mewajibkannya. Seandainya
wajib, maka sudah pasti Nabi n memerintahkannya atas diri mereka dan mereka akan
mematuhinya. Tetapi, tidak ada riwayat yang menjelaskan tentang orang yang berumrah dari
Mekkah di masa Nabi masih hidup, kecuali ‘Aisyah saja. Kisah ini sudah dijelaskan
persoalannya di atas.

Karenanya, para ulama hadits, bila ingin menulis tentang umrah dari Mekkah, mereka hanya
menyinggung tentang kejadian ‘Aisyah saja. Tidak ada yang lain. Seandainya ada, pasti sudah
sampai kepada kita.[18]
Ketujuh : Intisari umrah adalah thawaf. Adapun sa’i antara Shafa dan Marwah bersifat
menyertai saja. Bukti yang menunjukkannya sebagai penyerta adalah, sa'i tidak dikerjakan
kecuali setelah thawaf. Dan ibadah thawaf ini bisa dikerjakan oleh penduduk Mekkah, tanpa
harus keluar dari batas tanah suci Mekkah terlebih dahulu. Barangsiapa yang sudah mampu
mengerjakan perkara yang inti, ia tidak diperintahkan untuk menempuh wasilah (perantara yang
mengantarkan kepada tujuan). [19]
4/9

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH
Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31

Kedelapan : Berkeliling di Ka’bah adalah ibadah yang dituntut. Adapun menempuh perjalanan
menuju tempat halal untuk berniat umrah dari sana merupakan sarana menjalankan ibadah
yang diminta. Orang yang menyibukkan diri dengan sarana (menuju tempat yang halal untuk
berumrah dari sana) sehingga meninggalkan tujuan inti (thawaf), orang ini telah salah jalan,
tidak paham tentang agama. Lebih buruk dari orang yang berdiam di dekat masjid pada hari
Jum’at, sehingga memungkinkannya bersegera menuju masjid untuk shalat, tetapi ia justru
menuju tempat yang jauh untuk mengawali perjalanan menuju masjid itu. Akibatnya, ia
meninggalkan perkara yang menjadi tuntutan, yaitu shalat di dalam masjid tersebut.

Kesembilan : Mereka mengetahui dengan yakin, bahwa thawaf di sekeliling Baitullah jauh lebih
utama daripada sa’i. Maka daripada mereka menyibukkan diri dengan pergi keluar ke daerah
Tan’im dan sibuk dengan amalan-amalan umrah yang baru sebagai tambahan bagi umrah
sebelumnya, lebih baik mereka melakukan thawaf di sekeliling Ka’bah. Dan sudah dimaklumi,
bahwa waktu yang tersita untuk pergi ke Tan’im karena ingin memulai ihram untuk umrah yang
baru, dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan thawaf ratusan kali keliling Ka’bah.
Bahkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menilainya sebagai bid’ah, (sebuah perkara yang) belum
pernah dikerjakan oleh generasi Salaf, tidak diperintahkan oleh al Kitab dan as Sunnah. Juga
tidak ada dalil syar’i yang menunjukkan status sunnahnya. Apabila demikian adanya, berarti
termasuk bid’ah yang dibenci berdasarkan kesepakatan para ulama[20]. Oleh karenanya, para
generasi Salaf dan para imam melarangnya.

Sa’id bin Manshur meriwayatkan dalam Sunan-nya dari Thawus, salah seorang murid Ibnu
‘Abbas mengatakan :

َ‫مَا أَدْرِيْ أَيُؤْجَرُوْنَ عَلَيْهَا أَمْ يُعَذَّبُوْنَ. قِيْلَ : فَلِم‬
‫يُعَذَّبُوْنَ؟ قَالَ : لِأَنَّهُ يَدَعُ الطَّوَافَ بِالْبَيْتِ . وَيَخْرُجُ إِلَى‬
ٍ‫أَرْبَعَةِ أَمْيَالِ وَيَجِيْئُ وَإِلَى أَنْ يَجِيْئَ مِنْ أَرَبَعَةِ أَمْيَال‬
ْ‫قَدْ طَافَ مِائَتَيْ طَوَافٍ. وَكُلَّمَا طَافَ بِالْبَيْتِ كَانَ أَفْضَلَ مِن‬
ٍ‫أَنْ يَمْشِيَ فِيْ غَيْرِ شَيْئ‬

"Aku tidak tahu, orang-orang yang mengerjakan umrah dari kawasan Tan’im, apakah mereka
diberi pahala atau justru disiksa". Ada yang bertanya : “Mengapa mereka disiksa?” Beliau
menjawab : “Karena meninggalkan thawaf di Ka’bah. Untuk keluar menempuh jarak empat mil
dan pulang (pun demikian). Sampai ia pulang menempuh jarak empat mil, ia bisa berkeliling
Ka’bah sebanyak dua ratus kali. Setiap kali ia berthawaf di Ka’bah, itulah yang utama daripada
menempuh perjalanan tanpa tujuan apapun”.[21]
‘Atha` pernah berkata : “Thawaf di Ka’bah lebih aku sukai daripada keluar (dari Mekkah) untuk
umrah”. [22]

Kesepuluh : Setelah memaparkan kejadian orang yang berumrah berulang-ulang, misalnya
melakukannya dua kali dalam sehari, Syaikhul Islam semakin memantapkan pendapatnya,
bahwa umrah yang demikian tersebut makruh, berdasarkan kesepakatan para imam.
Selanjutnya beliau menambahkan, meskipun ada sejumlah ulama dari kalangan Syafi’iyyah dan
ulama Hanabilah yang menilai umrah berulang kali sebagai amalan yang sunnah, namun pada
5/9

SEBELAS ALASAN TIDAK MELAKUKAN UMRAH BERULANG KALI DI SAAT BERADA DI MEKKAH
Oleh Ustadz Muhammad Ashim bin Musthafa
Minggu, 29 November 2009 18:31

Dasarnya mereka tidak mempunyai hujjah khusus, kecuali hanya qiyas umum. Yakni, untuk
memperbanyak ibadah atau berpegangan dengan dalil-dalil yang umum.[23]
Di antara dalil yang umum, hadits Nabi:

‫الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا‬

"Antara umrah menuju umrah berikutnya menjadi penghapus )dosa( di antara keduanya" [24].
Tentang hadits ini, Syaikh al 'Utsaimin mendudukkan bahwa hadits ini, mutlak harus dikaitkan
dengan apa yang diperbuat oleh generasi Salaf ridhwanullah ‘alaihim [25]. Penjelasannya
sudah disampaikan pada point-point sebelumnya. Ringkasnya, tidak ada contoh dari kalangan
generasi Salaf dalam melaksanakan umrah yang berulang-ulang.

Kesebelas : Pada penaklukan kota Mekkah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berada di
Mekkah selama sembilan belas hari. Tetapi, tidak ada riwayat bahwa beliau keluar ke daerah
halal untuk melangsungkan umrah dari sana. Apakah Nabi tidak tahu bahwa itu masyru’
(disyariatkan)? Tentu saja tidak mungkin![26]

LEBIH BAIK MEMPERBANYAK THAWAF
Berdasarkan alasan-alasan di atas, menjadi jelas bahwa thawaf lebih utama. Adapun berumrah
dari Mekkah dan meninggalkan thawaf tidak mustahab. Dan yang disunnahkan adalah thawaf,
bukan umrah.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menambahkan : “Thawaf mengelilingi Ka’bah lebih utama
daripada umrah bagi orang yang berada di Mekkah, merupakan perkara yang tidak diragukan
lagi oleh orang-orang yang memahami Sunnah Rasulullah dan Sunnah Khalifah pengganti
beliau dan para sahabat, serta generasi Salaf dan tokoh-tokohnya”.

Alasannya, kata beliau rahimahullah, karena thawaf di Baitullah merupakan ibadah dan qurbah
(cara untuk mendekatkan diri kepada Allah) yang paling afdhal yang telah Allah tetapkan di
dalam KitabNya, berdasarkan keterangan NabiNya. Thawaf termasuk ibadah paling utama bagi
penduduk Mekkah. Maksudnya, yaitu orang-orang yang berada di Mekkah, baik penduduk asli
maupun pendatang. Thawaf juga termasuk ibadah istimewa yang tidak bisa dilakukan oleh
orang-orang yang berada di kota lainnnya.

Orang-orang yang berada di Mekkah sejak masa Rasulullah dan masa para khulafa senantiasa
menjalankan thawaf setiap saat. Dan lagi, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan
kepada pihak yang bertanggung jawab atas Baitullah, agar tidak menghalangi siapapun yang
Share:

Membedakan Umroh dan Haji

Membedakan Umroh dan Haji

Umrah adalah ibadah yang dilakukan dengan berihram dan miqat, kemudian tawaf, sai, dan diakhiri dengan menggunting rambut/ bercukur dilaksanakan dengan tertib. Sedangkan haji adalah lbadah umrah ditambah wukuf di Arafah, singgah di Mudzdalifah, serta melempar jumrah tiga kali di Mina. 


Bedanya, umrah umrah dapat digolongkan sebagai ibadah wajib dan sunat. Umrah wajib bila: - Umrah yang baru kali pertama dilaksanakan disebut juga Umratul Islam. - Umrah yang dilaksanakan karena nazar. Sedang umrah sunat ialah yang dilaksanakan untuk yang kedua kali dan seterusnya dan bukan karena nazar. Kapan Waktunya Umrah? Umrah dapat dilaksanakan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dimakruhkan (hari arafah, nahar, dan tasriq) Apa saja syarat, rukun, dan wajib umrah? 


Syarat umrah: Islam, baligh (dewasa), aqil (berakal sehat), merdeka (bukan budak), istlta’ah (mampu). Bila tidak terpenuhi syarat ni, maka gugurlah kewajiban umrah Umrah: Niat ihram, tawaf umrah, sa’i, cukur/tahalul, tertib Rukun umrah tidak dapat ditlnggalkan. Bila tidak terpenuhi, maka umrahnya tidak sah. Wajib Umrah: berihram dan miqat. Wajib umrah ini adalah ketentuan yang bilamana dilanggar, maka ibadah umrahnya tetap sah tetapi harus bayar dam, atau denda yang besamya diatur pemetintah Makkah. Hukum Haji lbadah haji diwajibkan Allah kepada kaum muslimin yang telah mencukupi syarat-syaratnya. Menunaikan ibadah haji diwajibkan hanya sekali seumur hidup. Selanjutnya, yang kali kedua dan seterusnya hukumnya sunat. Barang siapa yang benazar haji, wajib melaksanakannya. 


Apa saja syarat, rukun, dan wajib haji? Syarat Haji: Islam, baligh (dewasa), aqil (berakalsehat), merdeka (bukan budak), istitha’ah (mampu). Rukun Haji: Niat ihram dan miqat (berihram), Wukuf di Arafah, Tawaf lfadah, Sa’i, Cukur/ tahalul, Tertib Rukun haji tidak dapat ditinggalkan. Apabila tidak dipenuhi maka hajinya batal Wajib Haji: Ihram dan miqat/batas, Mabit tinggal di Muzdallfah, Mabit di Mina, Melontar jumrah Ula, Wusta danAqabah, Tawaf Wada’ bagi yang akan meninggalkan Makkah. Wajib haji ini adalah ketentuan yang apabila dilanggar maka hajinya tetap sah, tetapi wajib membayar dam. Kapan Waktu Ihram Haji? Menurut jumhur ulama, ketentuan waktu memulai berihram haji yaitu dan tanggal 1 Syawal sampai terbit fajar tanggal 10 Zulhijjah. Barang siapa yang tidak ihram haji pada saat-saat tersebut, maka tidak mendapatkan haji dan apabila a ihram setelah tanggal 10 Zulhijah maka ihramnya adalah ihram umrah walaupun dia bemiat haji Apa itu Miqat? Tempat berihram haji/umrah di miqat yang telah ditentukan dan boleh juga dilakukan sebelum sampal di miqat. Apabila melewati miqat yang telah ditentukan dan tidak ihram maka dia wajib membayar dam yaitu memotong seekor kambing atau mengambil cara lain. Misalnya: 


1). Kembali lagi ke miqat haji terdekat yang dilewati tadi sebelum melakukan salah satu kegiatan ibadah haji/umrah. 


2). Mengambil miqat haji terdekat dengan tanah haram (miqat yang telah ditetapkan/mansus). Calon haji yang akan memulal ihram dengan miqat Bir Ali apabila ia melewatinya tanpa berihram, maka dibolehkan mengambil miqat dart Juhfah (Rabig) atau miqat mana saja yang lebih dekat (yang dilewatinya). Pakaian Ihram Tanpa CD? 


1). Bagi pria: memakal dua helai kain yang tidak berjahit sebagaimana pakalan biasa, satu diselendangkan (disandangkan) di bahu dan satu disarungkan. Disunatkan yang berwarna putih. Tidak boleh memakai baju, celana atau pakaian biasa. Jadi, celana dalam pun harus dilepas. Benar-benar seperti mayat. 


2). Bagi wanita: memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan. Apa saja larangan selama ihram? 


1). Bagi pria dilarang: Memakai pakaian biasa, memakai sepatu yang menutupi mata kaki, menutup kepala yang melekat seperti topi, tetapi kalau tidak melekat boleh seperti payung 


2). Bagi wanita dilarang: Berkaos tangan, menutup muka (memakal cadar). 


3). Bagi pria dan wanita dilarang: Memakal wangi-wangian kecuali yang sudah dipakai sebelum ihram, memotong kuku dan mencukur atau mencabut rambut badan. Kemudian, dilarang memburu dan menganiaya binatang dengan cara apa pun (kecuali binatang yang membahayakan boleh dibunuh). Yang juga dilarang adalah menikah, mengawinkan atau meminang wanita untuk dinikahi. Bercumbu atau bersetubuh sekalipun dengan istrinya, mencaci, bertengkar atau mengucapkan kata-kata kotor. Termasuk dilarang: memotong pepohonan di tanah haram. dapat dikerjakan sepanjang waktu, sedang haji hanya pada Bulan Zulhijah. Sedang dari segi siapa yang melaksanakan, seseorang. 


Rukun
Author : PercikanIman.ORG
Share:

Hati Bening - Hatimu Adalah Rajamu

Manasik Umrah Lengkap

Category : Ibadah
Published by Abdullah Hadrami [abdullah] on 2007/4/19

IKHLAS DAN MUTABA?AH DALAM HAJI DAN UMRAH

Segala puji hanya bagi Allah, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah,
keluarga dan pengikut mereka yang setia sampai hari kiamat, Amma ba?du,
Allah ?subhanahu wa ta?ala berfirman: ?Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah.?
(QS. Al-Baqarah: 196).

Rasulullah ?shallallahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Ambillah olehmu dariku
manasikmu (haji dan umrah)? (Hadis Shahih).
DIANTARA KEUTAMAAN UMRAH

Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?(Dari) umrah ke umrah adalah
penghapus (dosa-dosa) diantara keduanya). Dan haji mabrur tidak ada baginya balasan selain
surga.? (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Ikutilah antara haji dan umrah
(perbanyaklah haji dan umrah), karena keduanya menghapuskan kefakiran dan dosa sebagaimana
bara api menghilangkan kotoran besi, emas dan perak.? (HR. An-Nasa?i, At-Tirmidzi, Ibnu Majah,
Imam Ahmad dll dengan sanad sahih).

Dari ?Aisyah ?Radhiallahu ?anha berkata: Aku bertanya, wahai Rasulullah apakah bagi wanita ada
kewajiban berjihad? Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Ya, bagi
mereka ada jihad tanpa peperangan, yaitu haji dan umrah.? (HR. Imam Ahmad dll dengan sanad
sahih)

Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Utusan Allah ada tiga: Orang yang
berperang (fi sabilillah), orang yang berhaji dan orang yang umrah.? (HR. An-Nasa?i dll dengan
sanad sahih)

Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Orang yang berperang (fi
sabilillah), orang yang berhaji dan orang yang umrah adalah utusan Allah. Allah memanggil mereka
lalu mereka memenuhi panggilannya dan mereka meminta kepadaNya lalu Dia memenuhi
permintaan mereka.? (HR. Ibnu Majah dll dengan sanad sahih)

Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Jihadnya orang tua, anak kecil,
orang lemah dan wanita adalah haji dan umrah.? (HR. An-Nasa?i dll dengan sanad hasan)
Rasulullah ?Shallalahu ?alaihi wa ?ala alihi wa sallam bersabda: ?Sesungguhnya umrah pada bulan
Ramadhan adalah seperti haji bersamaku.? (HR. Bukhari dan Muslim)
http://www.kajianislam.ne

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain, ini adalah sebagiannya.
INTI MANASIK UMRAH
1.Ihram dari miqat
2.Thawaf
3.sa?i
4.tahallul (mencukur atau memotong rambut)

LARANGAN KETIKA IHRAM
1.Mencukur atau memotong rambut
2.Memotong kuku
3.Memakai parfum
4.Melaksanakan akad nikah
5.Bercumbu disertai syahwat
6.Jima?
7.Berburu
8.Menutup kepala bagi laki-laki
9.Memakai pakaian berbentuk (berjahit) bagi laki-laki
10.Memakai sarung tangan dan penutup wajah (cadar/niqab) agi perempuan

TATA CARA PELAKSANAAN UMRAH
1.Jika seseorang akan melaksanakan umrah, dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebelum
   berihram dengan mandi sebagaimana seorang yang mandi junub (mandi besar), memakai
   wangi-wangian yang terbaik jika ada (wangi-wangian untuk tubuh dan tidak boleh mengenai pakaian
   ihram) dan memakai pakaian ihram.

2.Pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang berfungsi sebagai sarung dan
   penutup pundak. Adapun wanita, ia memakai pakaian yang telah disyari'atkan yang menutupi
   seluruh tubuhnya, namun tidak dibenarkan memakai cadar/niqab (penutup wajahnya) dan tidak
   dibolehkan memakai sarung tangan.

3.Berihram dari miqat untuk umrah dengan mengucapkan:
   Labaika ?umrotan, Alloohumma haadzihi umroh laa riyaa? a fiihaa wa laa sum?ah
   ?Aku penuhi panggilanMu (ya Allah untuk melaksanakan ibadah) umrah. Ya Allah, ini adalah umrah
   yang tidak ada riya? (ingin dilihat) dan sum?ah (ingin didengar) di dalamnya.? (HR. Bukhari dan
   Al-Baihaqi).
   http://www.kajianislam.net

4.Jika khawatir tidak dapat menyelesaikan umrah karena sakit atau adanya penghalang lain, maka
   dibolehkan mengucapkan persyaratan setelah mengucapkan kalimat diatas dengan mengatakan:
   Inn habasanii haabisun famahillii haitsu habastanii
   ?Jika ada halangan yang menghalangiku maka tempat tahallulku adalah dimana Engkau menahan
   aku.? (HR. Bukhari dan Muslim).
   Dengan mengucapkan persyaratan ini -baik dalam umrah maupun ketika haji-, jika seseorang
   terhalang untuk menyempurnakan manasiknya, maka dia diper-bolehkan bertahallul dan tidak wajib
   membayar dam (menyembelih seekor kambing).

5.Tidak ada shalat khusus untuk berihram, namun jika bertepatan dengan waktu shalat wajib, maka
   shalatlah lalu berihram setelah shalat. Atau shalat sunnah wudhu. Kecuali jika miqatnya dari
   Madinah (Dzul Hulaifah atau Bir Ali) maka disunnahkan shalat dua raka?at dikarenakan
   keistimewaan dan barokah tempat tersebut. (HR. Bukhari dan Abu Dawud)

6.Setelah mengucapkan "talbiyah umrah" (pada point ke tiga), dilanjutkan dengan membaca dan
   memperbanyak talbiyah berikut ini, sambil mengeraskan suara hingga tiba di Makkah.
   LabbaikAlloohumma labbaik, labbaika laa syariikalaka labbaik, innalhamda wanni?mata laka wal
   mulk, laa syariika lak
   ?Aku memenuhi panggilanMu, ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu,
   tiada sekutu bagiMu, aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujaan dan nikmat adalah
   milikMu, begitu juga kerajaan, tiada sekutu bagiMu.? (HR. Bukhari dan Muslim).

7.Masuk Masjidil Haram dengan mendahulukan kaki kanan sambil membaca do'a masuk masjid:
   Page 3
   A?uudzu billaahil ?adhim, wa biwajhihil kariim, wa sulthoonihil qodiim, minasy syaithoonir rojiim,
   bismillaah, washsholaatu wassalaamu ?ala rosuulillaah, Allohummaghfirlii dzunuubii waftahlii
   abwaaba rohmatik
   ?Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung, dengan wajahNya Yang Mulia dan kekuasaanNya
   yang abadi, dari setan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan semoga shalawat dan salam
   tercurahkan kepada Rasulullah Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukalah pintu-pintu rahmatMu
   untukku.?
   (HR. Abu Dawud, Ibnu As-Sunni, Abu Dawud, Muslim, Sunan Ibnu Majah)

8.Mengangkat kedua tangan ketika melihat Ka'bah sambil membaca:
   Alloohumma antas Salaam wa minkas Salam fahayyinaa Robbanaa bis Salaam
   ?Ya Allah, Engkau adalah As-Salaam (Maha Penebar Kesejahteraan lagi selamat dari segala cacat
   dan kekurangan) dan dariMu kesejahteraan, maka hidupkanlah kami ?wahai Rabb kami- dengan
   kesejahteraan.? (Atsar Ibnu Abbas, riwayat Ibnu Abi Syaibah, Al-Baihaqi dll dengan sanad sahih).
   http://www.kajianislam.net                                                      2010/7/23 9:25:38 / Page 4

Thawaf Umrah.

1.Menuju ke Hajar Aswad, lalu menghadapnya sambil membaca:
   Bismillaahi waAlloohu Akbar
   ?Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar.? (HR. Bukhari, Al-Baihaqi dll)
   lalu mengusapnya dengan tangan kanan dan menciumnya, jika tidak memungkinkan untuk
   menciumnya, maka cukup dengan mengusapnya, lalu mencium tangan yang mengusap Hajar
   Aswad. Jika tidak memungkinkan untuk mengusapnya, maka cukup dengan memberi isyarat
   kepadanya dengan tangan, namun tidak mencium tangan yang memberi isyarat.

2.Kemudian memulai thawaf umrah tujuh putaran, dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar
   Aswad pula.

3.Dan disunnahkan berlari-lari kecil (raml) pada tiga putaran pertama dan berjalan biasa pada
   empat putaran terakhir.

4.Disunnahkan membuka bahu kanan (idhtiba?) bagi laki-laki selama thawaf umrah ini.

5.Disunnahkan pula mengusap Rukun Yamani pada setiap putaran thawaf, namun tidak dianjurkan
   menciumnya, dan apabila tidak memungkinkan untuk meng-usapnya, maka tidak perlu memberi
   isyarat dengan tangan.

6.Ketika berada di antara RukunYamani dan Hajar Aswad, disunnahkan membaca:
رَبَّنَا
آتِنَا فِي
الدُّنْيَا
حَسَنَةً
وَفِي
اْلآخِرَةِ
حَسَنَةً
وَقِنَا
عَذَابَ
النَّار

Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ?adzaaban naar
?Wahai Tuhan kami! Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah
kami dari siksa api Neraka.? (HR. Abu Dawud dll dengan sanad sahih).

7.Setelah thawaf, menutup kedua pundaknya, lalu menuju ke maqam Ibrahim sambil membaca:
  Wat takhidzuu mim Maqoomi Ibroohima mushollaa
   ?Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat.? (QS. Al-Baqarah: 125. HR. Muslim)

8.Shalat sunnah thawaf dua rakaat di belakang maqam Ibrahim, pada rakaat per-tama setelah
   membaca surat al-Fatihah, membaca surat Al-Kaafiruun.
   Dan pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlash.

9.Setelah shalat, disunnahkan minum air zam-zam dan menyirami kepala dengannya.

10.Kembali ke Hajar Aswad, bertakbir lalu mengusap dan menciumnya, jika hal itu memungkinkan,
   atau mengusapnya atau memberi isyarat kepadanya.
   http://www.kajianislam.net                                                      2010/7/23 9:25:38 / Page 5
   Sa'i Umrah.

1.Kemudian menuju ke bukit Shafa untuk melaksanakan Sa'i umrah, dan jika telah mendekat Shafa
   membaca:
   Innash Shoffaa wal Marwata min sya?aa irillaah, faman hajjal baita awi?tamaro falaa junaaha ?alaihi
   Ayyath thowwafa bihimaa, wa man ta thowwa?a khoiron fa innaAllooha Syaakirun ?Aliim?
   Abda?u bimaa bada?a Alloohu bih
   ?Sesungguhnya Shafaa dan Marwah adalah sebahagian dari syi'ar Allah. Maka barangsiapa yang
   beribadah haji ke Baitullah atau ber-'umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara
   keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka
   sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.? (QS. Al-Baqarah: 158)
   ?Aku memulai dengan apa yang Allah memulai dengannya (memulai sa?i dari Shafaa menuju
   Marwah).? (HR. Muslim).

2.Menaiki bukit Shafa lalu menghadap ke arah Ka'bah hingga melihatnya, jika hal itu
   memungkinkan, kemudian membaca:
اَللهُ
أَكْبَر,
اَللهُ
أَكْبَر,
اَللهُ
أَكْبَر, لاَ
إِلَـهَ
إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ
لَهُ، لَهُ
الْمُلْكُ
وَلَهُ
الْحَمْدُ،
يُحِْيى وَ
يُمِيْتُ,
وَهُوَ عَلَى
كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيْرٌ،
لاَ إِلَـهَ
إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ
لَهُ
أَنْجَزَ
وَعْدَهُ
وَنَصَرَ
عَبْدَهُ
وَهَزَمَ
اْلأَحْزَابَ
http://www.kajianislam.net                                                   2010/7/23 9:25:38 / Page 6
وَحْدَهُ

   Alloohu Akbar, Alloohu Akbar, Alloohu Akbar, Laa Ilaaha Illallooh Wahdahuu Laa Syariikalah, Lahul
   Mulku Walahul Hamdu, yuhyii Wa yumiitu, Wa huwa ?Ala Kulli Syai? in Qodiir, Laa Ilaha Illallooh
   Wah dahu Laa Syarikalah Anjaza Wa?dah Wa nashro ?Abdah Wa Hazamal Ahzaaba Wahdah.
   ?Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan yang berhak disembah
   selain Allah, Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia
   Menghidupkan dan Mematikan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan yang
   berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagiNya, yang melaksanakan janjiNya,
   membela hambaNya (Muhammad ) dan mengalahkan golongan musuh sendirian.? (HR.
   Muslim, An-Nasa?i dan Ibnu Majah).

3.Bacaan ini dilakukan/diulangi tiga kali dan berdo'a di antara pengulangan-pengulangan itu dengan
   do'a apa saja yang dikehendaki.

4.Lalu turun dari Shafa dan berjalan menuju ke Marwah.

5.Disunnahkan berlari-lari kecil dengan cepat dan sungguh-sungguh di antara dua tanda lampu
   hijau yang berada di Mas'a (tempat sa'i), lalu berjalan biasa menuju Marwah dan menaikinya.

6.Setibanya di Marwah, kerjakanlah apa-apa yang dikerjakan di Shafa, yaitu menghadap kiblat,
   bertakbir, membaca dzikir pada point no. 2 dan berdo'a dengan do'a apa saja yang dikehendaki,
   perjalanan ini (dari Shafa ke Marwah) dihitung satu putaran.

7.Kemudian turunlah, lalu menuju ke Shafa dengan berjalan ditempat yang ditentukan untuk
   berjalan dan berlari ditempat yang ditentukan untuk berlari, lalu naik ke Shafa dan lakukan seperti
   semula, dengan demikian terhitung dua putaran.

8.Lakukan hal ini sampai tujuh kali dengan berakhir di Marwah.

9.Ketika sa'i, tidak ada dzikir-dzikir tertentu, maka boleh berdzikir, berdo'a atau membaca
   bacaan-bacaan yang dikehendaki.

10.Jika membaca do'a ini:
رَبِّ
اغْفِرْ وَ
ارْحَمْ
إِنَّكَ
أَنْتَ
اْلأَعَزُّ
اْلأَكْرَم

   Robbighfir Warham Innaka Antal A?azzul Akrom
   ?Ya Tuhan, ampuni dan sayangi (hamba), sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Perkasa lagi
   Maha Mulia.? (Doa Ibnu Umar dan Ibnu Mas?ud, riwayat Ibnu Abi Syaibah dengan sanad sahih).

11.Setelah sa'i, maka bertahallul dengan memendekkan seluruh rambut kepala atau mencukur
   gundul, dan yang mencukur gundul itulah yang lebih afdhal. Adapun bagi wanita, cukup dengan
   memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari.

12.Setelah memotong/mencukur rambut, maka berakhirlah ibadah umrah dan anda telah
    dihalalkan/dibolehkan untuk mengerjakan hal-hal yang tadinya dilarang ketika dalam keadaan ihram.
    Semoga Allah ?subhanahu wa Ta?ala menerima semua amal ibadah kita, amien.
   Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan pengikut mereka yang
   http://www.kajianislam.net                                                          2010/7/23 9:25:38 / Page 7
   setia sampai hari kiamat dan segala puji hanya bagi Allah.
   Malang, Rabi?ul Awwal 1428 H / April 2007 M
   Abdullah Shaleh Hadrami
   Pendiri dan Pengasuh Majelis Taklim dan Dakwah HUSNUL KHOTIMAH Malang
   http://www.kajianislam.ne
Share: