April 28, 2010

Naik Kelas Harus Lulus Alquran!

Naik Kelas Harus Lulus Alquran!

Ada satu lagi sekolah di Bekasi yang akan belia bagi ceritanya sama kamu, yaitu SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama! Sekolah ini berada satu kompleks dengan SMP Al Azhar 9 Kemang Pratama yang pernah belia bahas di beberapa edisi lalu, tepatnya berlokasi di Kompleks Kemang Pratama Kota Bekasi. Gedung sekolah yang terdiri atas empat lantai ini memiliki ornamen yang cukup menarik di hampir setiap dindingnya, yaitu kaligrafi berukuran 2 x 2 meter! ”Itu kaligrafinya dibuat sendiri oleh siswa, loh!” Terang Bhredipta Cresti, ketua OSIS SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama.

Dikenal sebagai sekolah yang mendahulukan ketakwaan, pastinya muatan agama di sekolah ini terhitung besar dong? ”Iya, sisi islami itu memang ciri khas kita. Salah satu syarat naik kelas di sini tuh harus lulus Alquran, bahasa Arab, dan agama. Nilainya harus di atas 70,” kata Nabila Haza, siswi kelas X-5. ”Iya, di Alquran itu kita harus hafal ayat-ayat, artinya, dan tajwid. Juga belajar grammar di bahasa Arab,” kata Farissan, kelas XI IPS 3. Wow, grammar dalam bahasa Arab? Bayanginnya udah susah ya? Hehe. ”Memang susah, grammar Arab itu digunakan kalau ngartiin ayat Alquran. Tetapi di situlah tantangannya,” ucap Farissan yang mengaku kalau bahasa Arab justru jadi pelajaran favoritnya.

Keunikan lainnya, kelas X dan XI di SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama masing-masing punya satu kelas bilingual. Kelas tersebut diisi oleh siswa-siswa hasil seleksi yang diadakan setelah orientasi sekolah. Apa sih yang ngebedain kelas ini sama kelas regular? Bisa dilihat dong dari namanya? Hehe. Di kelas bilingual, sering kali mereka diajar oleh native speaker, dan siswanya punya beberapa buku pegangan khusus yang berbeda dengan kelas reguler.

SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama punya event sekolah yang diadakan secara reguler, yaitu Al Azhar Quatrolympic! Hmm, kayak gimana sih event yang diadain mereka? Al Azhar Quatrolympic adalah kegiatan lomba-lomba yang diikuti SMP-SMA negeri dan swasta se-Jabotabek. ”Biasanya terdiri dari lomba basket putra putri, futsal, saman, story telling, dan rally foto. Tahun 2009 kemaren kita tambah english debate. Nah tahun ini juga kegiatan tersebut bakal ada lagi,” tutur Bhre.

Enggak cuma itu, masih ada rentetan acara rutin mereka seperti backpacking, sosial KIR, baksos ke Panti Galuh, jambore ekskul, dan pensi tribute to our senior. ”Pensi itu khusus untuk anak-anak sini sih. Dibikin sama kelas X dan XI buat nyemangatin kakak-kakak kelas yang mau UN,” kata Bhre. Hmm, kompak juga ya sekolah ini? Menurut teman-teman di SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama, kekompakan memang salah satu kelebihan sekolah mereka! ”Di sini itu kekeluargaannya erat banget, sampai antarangkatan juga. Bahkan kita punya jaringan yang luas ke Al Azhar pusat dan Al Azhar lainnya. Jadi selain nambah temen, berguna juga buat sharing info-info lomba,” kata Bhre.

Ngomong-ngomong lomba, SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama punya beberapa prestasi yang bisa dibanggakan, di antaranya ekskul saman mereka yang baru-baru ini menyabet Juara III Tidar Cup dan selama 2 tahun berturut-turut mendapatkan juara I perlombaan ”Datoek Ratoeh” di Anjungan Aceh-TMII. Beberapa siswa pun mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN), dan ada yang ikut delegasi Indonesia ke US dalam rangka ”International Youth Conference”. Selain itu, masih ada ekskul marawis yang sudah sering diundang untuk mengisi acara di luar sekolah.

Selain ekskul saman dan marawis yang terkenal banyak menuai prestasi, masih ada ekskul Ni Hon Kurabu dengan kegiatan Bunkasai dan latihan Taiko (drum Jepang) mereka. Ada juga ekskul futsal, basket, ASBD (Al Azhar Seni Bela Diri), PMR, fotografi, musik, dan Kelompok Pengkajian Islam (KPI). Asiknya lagi, hampir setiap ekskul punya ruangan khusus! SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama juga setiap tahun mengeluarkan album kompilasi dari band-band sekolahnya.

Last but not least, ada satu ekskul lagi yang mau belia ceritain, yaitu ekskul broadcast. Ekskul ini mengudara setiap jam istirahat dan menghibur teman-teman SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama dengan program mereka. ”Biasanya anak-anak broadcast nyiarin lagu, berita, info-info baru kayak konser atau program-program sekolah, dan yang pasti sih request!”ujar Bhre. Whiii, seru ya? Menariknya lagi, radio sekolah mereka kerja sama dengan Trax FM loh! Makanya, SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama punya duta Trax segala. Wow, good Job!***
www.newspaper.pikiran-rakyat.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan bermanfaat bagi semua orang, jika kamu mau menempatkan link url pastikan berikan informasi yang bermanfaat pula